Beberapa Akibat Jika AC Kurang Perawatan

Author photo

PERHATIAN


Akibat jika AC kurang perawatan :

AKIBAT AC KURANG PERAWATAN
AC KOTOR

1. Kurang / tidak dingin

Debu atau kotoran yang menutupi filter udara dan bagian lainnya akan menghalangi sirkulasi udara dingin. Kompresor pada unit outdoor sebagai komponen utama untuk proses pendinginan menjadi cepat panas dan sering mati tanpa anda ketahui walaupun fan / kipas outdoor tetap menyala. Karena suhu panas kompresor tidak dapat didinginkan oleh fan / kipas akibat dari tersumbatnya kisi-kisi kondensor oleh debu/kotoran.

Kotoran pada AC

2. Bocor / air pembuangan menetes didalam ruangan.

Kotoran yang mengendap di penampung air pembuangan lama-kelamaan akan berubah menjadi lendir.
Bahkan lendir ini akan muncul dibagian yang sulit dijangkau dengan cuci ac biasa.
Lendir ini berpotensi menyumbat lubang saluran pembuangan baik bagian depan maupun belakang indoor dan jika ini terjadi maka air pembuangan akan meluap lalu menetes / mengalir dari unit indoor menggenangi ruangan.

Lendir dibagian belakang indoor
Lendir yang menutupi permukaan dan terkumpul pada penampungan bagian belakang indoor.
Lendir pada penampung pembuangan AC
Endapan lendir di penampung air pembuangan

3. Boros listrik

Penurunan kemampuan pendinginan akan mengakibatkan kompresor bekerja secara tidak normal. Karena pencapaian suhu ruangan yang sulit dicapai dan sering mati.

4. Karat

Oksidasi logam / metal karena debu atau kotoran lainnya akan menimbulkan karat pada permukaan pipa atau bahan logam lainnya mengakibatkan pengeroposan dan rusak.

5. Mengganggu kesehatan

Debu atau kotoran lainnya mengandung bakteri dan jamur yang dapat menimbulkan bau tak sedap, hembusan udara ac pun tidak segar sehingga tidak baik untuk kesehatan.

6. Penurunan umur pakai AC.

Karat dan kotoran yang menempel pada ac akan menghambat proses pendinginan sehingga mempengaruhi komponen-komponen yang bekerja dalam proses tersebut, inilah yang akan mengakibatkan kinerja ac menjadi tidak normal dan akan menurunkan umur pakai AC Anda.

Anjuran :

  • Bersihkan filter udara yang ada pada bagian indoor paling sedikit 2 minggu sekali atau labih sering untuk daerah berdebu.
Filter Indoor
Bersihkan filter secara rutin
  • Lakukan pencucian AC secara menyeluruh baik pada bagian indoor maupun outdoor, minimal dalam waktu 3 bulan atau lebih sering untuk daerah berdebu.
  • Lakukan perawatan PEREMAJAAN (cuci bongkar) jika masa pakai AC Anda telah mencapai minimal 8 bulan atau 1 kali dalam 1 tahun agar kondisi AC Anda terjaga dan mampu berfungsi maksimal seperti AC baru.