Jenis dan type Skun Kabel pada AC

Author photo
0
SKUN KABEL

Skun Kabel (Cable Lugs / Cable Crimp )

Skun kabel yang sering dijumpai pada AC adalah skun dengan jenis Female Dissconnect (FD)
Skun Female
Female Disconnect
Skun jenis Female Disconnect ini sering ditemukan sebagai penghubung kabel pada modul PCB, relay, kapasitor, overload, dan terminal block di unit outdoor.
Power Terminal Block
Pada gambar diatas, yang ditunjuk panah merah itu termasuk skun MD atau Male Disconnect biasanya skun pasangannya juga menggunakan ukuran skun dengan penampang 6.3mm. Sedangkan yang ditunjuk dengan panah biru biasanya menggunakan skun kabel jenis Y atau Skun Y. Jenis skun  Y ini banyak ditemukan menggunakan type SV atau SVS. Atau bisa juga menggunakan skun Ring - O.

Skun pasangan dari Female Disconnect ini adalah Male Disconnect (MD)
Skun Male
Male Disconnect
Jika ingin membeli ditoko, jenis skun ini bisa dibeli salah satu macam saja dan juga bisa dibeli secara berpasangan. Bisa eceran, bisa juga per pack.
Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari skun, karena bisa saja sama bentuknya tapi berbeda ukurannya. Hal ini harus diperhatikan, karena skun kabel ini diproduksi dengan berbagai ukuran. Bahkan kekuatan maksimum penghantaran arus listrik (Current rating) nya juga berfariasi. Jadi usahakan jangan salah membeli skun. Agar mudahnya, Male = Cowok dan Female = Cewek untuk membedakan 2 skun diatas.

Pada unit outdoor AC, terutama untuk koneksi penghubung arus kompressor yang menggunakan daya yang kuat, biasanya menggunakan ukuran skun untuk kabel 1.5 - 2.5mm dengan lebar penampang skun berukuran 6.3mm.

Ditoko-toko, yang banyak ditemukan untuk ukuran skun tersebut biasa menggunakan type FDD2-2.50.

Skun pada Kompresor AC

Kabel penghubung pada kompresor ini juga masih menggunakan skun berjenis Female Disconnect namun karena berbentuk siku dan mirip dengan bendera maka sering disebut skun siku atau skun bendera. Atau dalam bahasa inggris disebut Female Flag Disconnect atau Flag Terminal. Namun pada ujung kabel lainnya tetap menggunakan skun Female biasa seperti dijelaskan diatas.
Non-insulated Female Flag Disconnect
Full Insulated Flag Disconnect
Agar mempermudah pembelian type skun, beberapa penjual akan berpedoman pada ukuran kabelnya saja. Ukuran kabel maksimal untuk jenis skun-skun diatas karena digunakan untuk tegangan lumayan kuat maka disarankan kabel yang digunakan adalah ukuran antara 1.5 sampai 2.5mm.

Type Skun berdasar Jenis (ukuran) Kabel

Jenis kabel yang digunakan pada type skun biasanya berjenis AWG (American Wire Gaug) terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah Ukuran Kabel Amerika. Ukuran kabel untuk kompresor AC menurut AWG adalah 10 - 16 (2.5mm - 1.2mm). Semakin kecil AWG nya maka semakin besar ukuran penampang kabelnya.

American Wire Gaug
Tabel AWG (Ukuran Kabel Amerika)


Untuk dapat memasang skun dengan baik, sangat disarankan menggunakan tang skun atau tang Crimping agar skun terpasang dengan baik dan kuat.
Tang Crimping



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)