Pemasangan Unit Outdoor AC yang tidak tepat

Author photo
0

Posisi pemasangan unit outdoor yang tidak tepat adalah salah satu hal yang bisa menjadi Penyebab AC tidak dingin.

Posisi Pemasangan Outdoor AC

Agar dipahami bahwa unit Outdoor ini memang didesign untuk diletakkan diluar ruangan,
itulah kenapa disebut Outdoor (luar ruangan).

Dibawah ini penjelasan, kenapa outdoor harus dipasang diluar ruangan atau setidaknya berhubungan langsung dengan udara luar.

Sirkulasi Pergerakan Udara Outdoor
sirkulasi outdoor
Keterangan gambar :
: Udara panas dihembuskan oleh Fan
: Udara bebas dihisap oleh Fan
Pemasangan unit outdoor harus berhubungan langsung dengan udara luar.
Apabila pemasangannya diletakkan didalam ruangan maka jangan heran jika nantinya pendinginan yang dihasilkan AC menjadi tidak maksimal alias kurang dingin atau bahkan sama sekali tidak dingin.
Gejala yang ditimbulkan akan sama seperti kondisi kondensor AC kotor, yaitu kompresor sering mati.

Penyebab :
Proses pembuangan udara panas (pendinginan body kompresor) menjadi terganggu karena udara yang seharusnya terbuang justru terjebak didalam ruangan selama AC dinyalakan dan akhirnya udara didalam ruangan menjadi panas kemudian dihisap kembali oleh fan outdoor. Maka terjadilah kegagalan pada proses pembuangan panas.
Gagalnya pembuangan udara panas ini membuat suhu unit outdoor semakin meningkat terutama pada body kompresor dan memicu Overload untuk memproteksi kompresor dengan memutuskan arus ke kompresor.
Proses tersebut akan berulang terus menerus dan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen unit outdoor AC.
Berbeda jika unit outdoor diletakkan diluar ruangan / berhubungan langsung dengan udara bebas. Maka proses pembuangan panas (pendinginan body kompresor) akan berjalan normal. Karena udara panas yang dihasilkan akan langsung terbuang dan fan dapat menghisap udara baru dengan suhu normal.
Udara bebas dengan suhu normal* inilah yang menjadi "penyerap suhu panas" yang berada di dalam unit outdoor yang kemudian dihembuskan keluar oleh fan sehingga suhu di unit outdoor tetap terjaga.
* Suhu normal : Suhu udara luar sesuai cuaca.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)