Penyebab bocornya air AC didalam ruangan

Author photo

AC Anda bocor dalam ruangan ? Inilah beberapa penyebabnya.

SERVICE AC BOCOR
KOTORAN PADA UNIT INDOOR YANG BELUM PERNAH DIBONGKAR
Seringkali para pengguna AC yang menjadi pelanggan baru layanan kami tidak mengetahui bagaimana kondisi AC yang mereka gunakan meskipun telah menggunakan AC tersebut selama mencapai lebih dari 1 tahun bahkan hingga 2 tahun atau lebih.

Hal ini disebabkan karena kurangnya informasi yang disampaikan oleh teknisi yang merawat AC mereka. Disamping itu, teknik / cara perawatan AC yang digunakan oleh teknisi tersebut biasanya juga kurang menyeluruh sehingga teknisi itu sendiri tidak mengetahui bagaimana kondisi AC yang sebenarnya.

Berikut ini dokumentasi layanan kami sebagai salah satu bukti dan alasan kuat, kenapa AC perlu dilakukan peremajaan (cuci bongkar / Overhaul) meskipun dalam jangka waktu minimal 12 bulan satu kali.

AIR AC MENETES DIDALAM RUANGAN
GAMBAR 1

Kotoran yang terkumpul dibelakang unit indoor berpotensi menyumbat saluran pembuangan.


Gambar 1 diatas kami peroleh dari AC yang masa pakainya sudah lebih dari 2 tahun dan menurut pemilik AC tersebut selama itu belum pernah dilakukan pembersihan secara menyeluruh (bongkar). Saat pertama kali kami melakukan PERAWATAN PEREMAJAAN / CUCI BONGKAR, gambar berikut ini akan menunjukkan betapa parahnya kondisi AC tersebut.

PENYEBAB BOCORNYA AIR AC DI DALAM RUANGAN
GAMBAR 2
Gambar 2
Penumpukan kotoran dan lendir yang menyumbat saluran pembuangan, penyebab utama meluapnya air buangan didalam ruangan.

Pada gambar 2 diatas dapat anda lihat secara langsung kondisi bagian belakang unit indoor ac split yang sangat memprihatinkan. 😁 . Kotoran pada bagian tersebut hanya bisa dilihat dan dibersihkan dengan metode pencucian yang kami terapkan.
  • Selain itu, penyebab kebocoran bisa juga diakibatkan karena kotoran dan lendir yang telah menutupi sepanjang saluran pembuangan. Terlebih lagi jika saluran pembuangan yang berukuran panjang sehingga air yang seharusnya keluar justru tersumbat oleh kotoran tersebut.
  • Atau bisa juga terjadi karena selang pembuangan berlubang karena digigit tikus, sarang semut dan beberapa penyebab tak terduga lainnya.

Endapan lendir di penampung air buangan AC
Penumpukan lendir & kotoran pada penampung air pembuangan
Lendir dibelakang evaporator
Kotoran & Lendir yang menempel dibagian dalam Evaporator

Gambar-gambar diatas merupakan dokumentasi asli dari pelayanan kami dan kotoran yang terdapat pada unit AC tersebut sebagian berasal dari sisa-sisa Cuci ac tanpa pembongkaran unit yang dilakukan setelah 3 atau 4 kali pencucian.

Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada AC dalam ruangan Anda ???
Mudah-mudahan Anda menemukan solusi yang terbaik demi kebersihan dan kesehatan ruangan dan diri Anda.

Dokumentasi asli "HANDY Teknik - 2014/07/31